Posted in Aceh, Home, Indonesia, Travel, Weh Island, Sabang

Liburan di Sabang, Pulau Weh, Aceh – Indonesia

1. Sabang pulau WehSabang, Pulau Weh berlokasi di Aceh atau ujung paling utara pulau Sumatera. Pulau weh terletak di Laut Andaman dan perairan di Sabang adalah tempat pertemuan Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Pulau Weh terkenal dengan wisata selam dan ekosistem bawah lautnya yang indah. Terdapat berbagai jenis terumbu karang di pulau weh yang diketahui sebagai habitat bagi berbagai jenis ikan. Juga tidak dilupakan Hiu mulut besar dan habitat katak Bufo valhallae (genus Bufo) yang statusnya terancam.

Terumbu Karang,Pulau weh 3. Snorkling, Sabang -Pulau Weh6. Pantai Sabang, Pulau Weh5. Sunset in Sabang, Pulau Weh

Sabang, Pulau Weh menawarkan berbagai kegiatan dan tempat wisata yang menarik bagi wisatawan local maupun mancanegara seperti diving, snorkeling, mendaki gunung berapi, pantai yang indah dan resor, air laut biru yang bersih, pegunungan, pepohonan yang hijau dan lain sebagainya. Salah satu tempat wisata yang kamu mesti kunjungi di sabang adalah Iboih. Iboih terkenal dengan pantai pasir putihnya, pemandangan bawah laut yang mempesona dan sebagai lokasi untuk berenang di bawah laut. Sementara Rubiah terkenal dengan wisata selam, karena terumbu karangnya dan karang Batik bagi mereka yang ingin menyelam hingga kedalaman 35m. Pantai Gapang adalah tempat yang nyaman bagi backpackers karena di lengkapi dengan akomodasi dan warung kuliner yang sederhana namun memiliki sebuah resor menyelam.

Harga sewa perahu dari Iboih ke Rubbiah:

Sewa boat jenis glass bottom boat Rp.350.000 dan
Speed boat -Normal sekitar Rp. 150.000 per orang.

** Peralatan snorkling Sewa Rp. 40.000 / orang
(Sebagian besar hotel dilengkapi dengan perlatan diving dan snorkeling)

8.0 Accomodation Sabang, Pulau WehInn in Iboih

Terdapat juga pantai Anoi Itam yang terkenal dengan pantai pasir hitamnya dan Pantai Sumur Tiga yang dikenal sebagai tempat berbagai resort dan bungalow yang terletak hanya beberapa menit-berjalan kaki dari pantai. Di Sabang ada beberapa jenis tempat penginapan seperti resort, bungalow, hotel, dan jenis penginapan lainya. Harga pun sangat bervariasi mulai dari harga yang sangat terjangkau hingga yang mahal semua tergantung lokasi dan pilihan individu. Selain itu, kota Sabang juga terkenal dengan motonya “Santai Banget”, jadi toko souvenir dan makanan di kota Sabang hanya buka di jam tertentu saja.

Perkiraan biaya penginapan di Sabang:

Di Pantai Sumur Tiga, harga berkisar Rp.290.000/mlm(bungalow)

Di Iboih, harga berkisar Rp. 400.000/mlm (type Inn) dan Rp.800.000/mlm(Resort)

Danau anaek laot, Pulau wehBenteng Jepang, Pulau Weh

Sabang, pulau Weh memang terkenal dengan pantai dan pemandangan bawah lautnya yang indah, tapi bagi wisatawan yang datang ke sabang pantai, laut dan pemandangan bawah lautnya bukan satu – satunya hal yang dapat di lihat terdapat banyak tempat wisata lain yang menarik. Beberapa tempat wisata lainya di Sabang seperti Jaboih, bunker Jepang anoi hitam, monumen 0 km Indonesia, bukit Sabang dan aneuk laot danau yang merupakan sumber air bagi penduduk pulau Weh. Jaboih dikenal sebagai Sabang ‘mini gunung berapi’, meskipun wilayah panas bumi ini bahkan bukan gunung berapi mini. Juga ada Anoi hitam bunker Jepang yang dibangun pada tahun antara 1943 dan 1945. Bunker ini dihubungkan dengan terowongan yang sekarang ditutup demi keamanan . Selain itu, ada tempat yang mesti kamu kunjungi khususnya bagi wisatawan local Indonesia yaitu monumen 0 km. Monumen 0 km Indonesia adalah titik paling utara dari Indonesia yang terletak tepat di Pulau Rondo, Sabang. Jadi ingat slogan dari Sabang sampai Maureke.^-^

Transportasi ke Pulau Weh:

2. Sabang , Pulau weh

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Sabang, Pulau weh di Aceh, anda bisa melau transportasi udara (pesawat) dengan tujuan Sultan Iskandarmuda Airport (SIM), Aceh. SIM adalah bandara terdekat Sabang, Pulau Weh. Dari sini, menuju pelabuhan Ulee Lheu, yang terletak dekat dengan pusat kota Banda Aceh. Sesampainya di pelabuhan Ulee Lheu, naik feri atau kapal cepat ke Balohan (Pulau Weh ‘s feri pelabuhan). Rute lain, jika Anda dari Medan, Sumatera utara dapat melalui transportasi darat seperti bus / mobil ke Aceh. Perjalanan memakan waktu sekitar 9-12 jam tergantung pada jenis bus atau mobil dan kondisi jalan.

Harga untuk feri atau perahu dari pelabuhan Ulee Lheu ke Balohan:
– Ferry Rp. 25.000 / orang dan
– Fast Boat Rp. 85.000 / orang.

Harga untuk bus dari Medan, Sumatera Utara:
– Non halte bus Rp. 270.000 / orang (Kira-kira dibutuhkan 9 jam perjalanan)
– Bus ekonomi Rp. 170.000 / orang (Kira-kira dibutuhkan 12 jam perjalanan)

TIP:

Di Sabang, Pulau Weh tidak ada angkutan/ kendaraan umum. Dari Balohan Anda dapat mengambil taksi atau sharing minibus taksi atau alternatif terbaik adalah menyewa mobil dengan sopir yang dapat membawa anda ke beberapa tempat wisata di sabang . Pada saat itu, teman saya sewa mobil jenis L300 dengan harga Rp. 600.000 per hari (harga tergantung pada kondisi dan jenis mobil).

Lokasi Sabang, Pulau Weh, Aceh sangat unik karena berdekatan dengan tiga negara yaitu Malaysia, Thailand dan India. Oleh karena itu, dari Sabang Anda dapat ke Pulau Langkawi, Malaysia dengan speed boat. Untuk informasi lebih lanjut dan harga, silakan cek website mereka.

Jika Anda datang ke Sabang, juga jangan lupa untuk mengunjungi kota Aceh. Tentu saja jika Anda memiliki lebih banyak waktu! Ada beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Aceh seperti Masjid Raya Baiturrahman, museum tsunami, kapal di atas rumah, PLTD Apung yang merupakan kapal pembangkit listrik di Banda Aceh, kuburan massal korban tsunami dan banyak lagi.

 

Note:
– Terima kasih buat Tetty dan kak Mey – mey untuk info dan fotonya.

– Semua harga yang tertulis di atas adalah harga untuk Feb 2015.

– Jika Anda ingin info lebih lanjut atau sewa mobil di Sabang, Pulau Weh, Aceh anda bisa email ke, witaworld@gmail.com

 

 

 

Advertisements

Author:

Welcome to Witaworld! A Blog about travel, foods, Arts, Love&Life Quotes etc. It's all about Mylife, MyAdventure and Myexperiece. I love traveling, visiting new place and love food off course and in this blog I highlight most about it. Hope you enjoy it and please leave comment and like it...^-^ Cheers, AG

2 thoughts on “Liburan di Sabang, Pulau Weh, Aceh – Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s