Part I ; Berobat & Liburan di Penang-Malaysia

1-penang-bridge

Penang adalah salah satu negara bagian atau provinsi dari negara Malaysia yang berlokasi di semenanjung malaka berbatasan dengan Kedah and Perak. Lokasi Penang juga berbatasan dan dekat dengan negara lain seperti Thailand,Hatyai dan Indonesia, sumatra utara. Penang atau Goerge Town juga terkenal sebagai UNESCO World Heritage Site yang telah di akui menjadi tempat tujuan wisata baik nasional maupun internasional. Selain menawarkan berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan seperti pantai,temple (kuil), graffiti, tempat shopping (belanja) dan banyak lagi, Penang juga terkenal dengan berbagai jenis makanan yang harganya terjangkau dan enak.

island-hospitalSelain itu mungkin satu lagi yang menjadi daya tarik kota Penang adalah sebagai tempat tujuan untuk berobat khususnya untuk orang indonesia di kota Medan atau Sumatra Utara. Mengapa Penang menjadi tempat tujuan untuk berobat bagi orang Indonesia khususnya masyarakat Medan? Mungkin setiap kita punya alasan yang berbeda-beda mulai dari alat-alat teknologi yang lebih modern, transparasi proses yang jelas, biaya yang lebih murah atau dokter yang lebih berkualitas. Saya rasa banyak alasanya tapi satu yang pasti banyak orang berkunjung dan berobat ke Penang.

Terdapat beberapa rumah sakit (hospital) di penang dengan specialty dan kualitasnya masing-masing. Berikut adalah beberapa daftar rumah sakit di Penang:

1.Gleneagles Penang Medical Centre

Alamat : 1, Jalan Pangkor, Pulau Tikus, 10050 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

2. Island Hospital

Alamat : 308, Jalan Macalister, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

3. Penang Adventist Hospital

Alamat : 465, Jalan Burma, George Town, 10350 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

4. Loh Guan Lye Specialist Centre

Alamat : 238, Jalan Macalister, George Town, 10400 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

5. Lam Wah Ee Hospital

Alamat : No. 141, Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim, Jelutong, 11600 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

6. Hospital Pulau Pinang (The Penang General Hospital)

Alamat : Jalan Residensi, 10990 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

7. Pantai Hospital Mutiara

Alamat : 82, Jalan Tengah, 11900 Bayan Lepas, Pulau Pinang, Malaysia

8. Mount Miriam Cancer Hospital

Alamat : 23, Jalan Bulan, Tanjong Takong, 11200 Tanjung Tokong, Pulau Pinang, Malaysia

3-perwakilan-island-hospita-di-medan-indonesiaSelain rumah sakit yang di sebut di atas terdapat beberapa rumah sakit lagi di Penang. Untuk berobat ke penang bisa dibilang prosessnya lumayan mudah dan tidak ribet. Process administrasi dan pendaftaran yang di buat simple,teratur dan jelas memudahkan pasien atau anggota keluarganya tidak mengalami kesulitan. Pengalaman pribadi saya membawa saudara, mama dan nenek berobat di bilang cukup mudah dan lancar. Pada awal Nov 2016, saya juga membawa mama untuk medical check up ke Island Hospital.

Pengalaman saya untuk proses berobat di Island hospital, Penang, sebelum datang saya mengontak Mrs.Vera perwakilan Island Hospital di Medan-Indonesia. Saya menginfokan tanggal kedatangan, nama dan no passport yang mana nantinya bisa di lakukan untuk pengaturan penjemputan di Penang Bandara oleh pihak Island hospital,Penang. Sesampainya di Island Hospital kita melakukan pendaftaraan dan pada hari yang sama kita bisa memulai pengobatan tanpa menunggu prosess yang kadang ribet membuat pasien untuk kembali keesokan harinya. Tapi tentu saja kemungkinan itu ada apabila dokter yang anda inginkan atau tuju tidak melakukan praktek pada hari itu.

Untuk Medical Check up di Island Hospital cukup mudah dan cepat. Apabila anda melakukan puasa pada saat pendaftaran, maka anda bisa langsung melakukan medical check up pada saat itu juga. Medical check up memakan waktu 4-6 jam tergantung beberapa banyak orang atau tambahan di luar dari paket yang di tentukan. Anda juga bisa memilih dokter yang akan membacakan hasil medical check up anda. Biaya untuk medical check up berkisar Rp.3 juta sudah termasuk dengan tambahan trade mill untuk jantung dan momogram untuk kanker payudara.

img_20161104_003219 Mungkin salah satu yang menjadi keungulan atau bahan pertimbangan anda untuk memilih penang sebagai tempat berobat adalah anda bisa berobat sekalian berlibur. Banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi begitu juga dengan wisata kuliner. Penang terkenal dengan makanannya yang beraneka ragam,enak dan murah. Banyak makanan halal maupun non-halal semua dengan harga terjangkau. Untuk info penginapan bagi anda yang ingin berobat, Penang menyediakan penginapan yang cukup beragam dari hotel, sewa apartment, motel, guest house, atau inn. Harganya juga beragam dari yang mahal sampai yang budget sesuai dengan keinginnan dan keaadaan ekonomi anda. Untuk info penginapan anda bisa mengecek website seperti booking.com, agoda.com, traveloka.com dll. Untuk penginapan budget mungkin saya bisa merekomendasikan Burmatel, gurney view in dan guesthouse atau penginapan murah milik Mr.Nelson yang berlokasi di Gerbang Midlands dekat dengan Gurney Plaza, Midlands one stop, and Adventist hospital. Penginapan yang saya sebut di atas harganya sangat terjangkau, lokasinya stratergis dan bersih. Untuk penginapan dekat adventist hospital,gurney plaza, pasar pulau tikus mungkin anda bisa menghubungi :

+60 16-462 8861 Mr. Nelson atau +60 10-394 1969 Kak Dora. Mereka sangat ramah, dan siap menolong anda yang ingin berobat ke penang dan bingung mencari tempat tinggal budget.

Untuk trasportasi di penang bagi anda yang ingin berobat ke penang jangan kuatir penang mempunyai transportasi massal berupa bus dengan nama Rapid Penang yang biayanya terjangkau dan cukup nyaman. Selain itu mungkin anda bisa mengunakan taxi atau taxi online seperti grab atau uber yang harganya sangat murah di bandingkan taxi pada umumnya.

Bagi anda yang sedang mencari tempat berobat mungkin Penang bisa menjadi salah satu pilihan anda. Silakan tinggalkan komment dan pesan jika ada pertanyaan.^-^

Note: Untuk informasi lebih tentang liburan dan berobat di Penang bisa di check https://witaworlds.blogspot.com/2018/11/berobat-liburan-di-penang-malaysia.html

Terima Kasih ^-^

 

Tips: Bagi anda yang ingin berobat ke salah satu rumah sakit di penang saya sarankan melakukan pendaftaraan sendiri jangan mengunakan calo karena harganya bisa sangat berbeda, dokter bisa mengecharge biaya pengobatan anda lebih dari harga yang sepatutnya.

 

 

 


17 thoughts on “Part I ; Berobat & Liburan di Penang-Malaysia

  1. sy ingin menanyakan apakah sama antara calo yg dimaksud pada artikel ini dgn kantor perwakilan dr Rs yg ada di beberapa daerah di indonesia ?

    Like

    1. @Damaida Hatina, Calo yang saya maksud adalah orang atau kelompok yang bukan dari kantor perwakilan resmi dari RS nya. Konfirmasi aja mba itu perwakilan resmi atau ngak? Kalau bisa melakukan pendaftaraannya pada saat sudah di rumah sakitnya saja mba, gampang dan ngak ribet kok. Terima Kasih

      Like

    1. @Jenniekimmie maaf saya baru bisa balas. Mengenai penginapan dekat island hospital ada beberapa seperti YMCA Penang yang berada tepat di depan island hospital, atau Burmatel di pulau tikus yang tidak begitu jauh dari island hospital. Untuk Ms.Vera iya dia perwakilan resminya, biasanya saya mengkontact beliau untuk penjemputan di bandara oleh pihak island hospital, lalu setelah sampai rumah sakit island kami melakukan registrasi. Registrasinya ngak ribet kok.

      Like

    1. @lifethatwassaved, untuk pilihan rumah sakit untuk MCU di penang kebanyakan orang ke Island hospital, Adventist hospital, Loh Guan lye atau Lam Wah Ee hospital.Setiap rumah sakit menawarkan paket dan harga yang berbeda-beda. Mungkin anda bisa check paket yang mereka tawarkan dan apa yang menjadi fokus utama anda dalam MCU seperti check khusus jantung yang mana paketnya ada treadmill etc. Dan juga mungkin yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah dokter yang nanti ada akan konsultasi termasuk dalam paket MCU.

      Like

    1. @Tia, maaf saya kurang tahu untuk perwakilan RS nya di Bandung, tapi mungkin bisa mananyakan ke Ms.Vera atau langsung menelepon pihak island hospital di Penang. Terima Kasih

      Like

  2. Saya sangat merekomendasikan penginapan ko Adrian & isterinya Meliana Panjaitan di Mewah Court yang di seberang Lam Wah Ee untuk yang berobat atau program bayi tabung di Lam Wah Ee Hospital. Jalan kaki aja.

    Saya pernah coba beberapa penginapan lain di Mewah Court dan sudah sharing pengalaman dengan teman2 lain.

    Tempat ko Adrian lebih bersih dan nyaman dibanding banyak penginapan2 lain di Mewah Court. Facilitasnya lengkap. Wifi kencang. Siaran tv banyak. Dan suami isteri ramah.

    Oh ya……cocok juga untuk yang program bayi tabung ke Dr Ng Peng Wah di Genesis ivf (Gurney Paragon).

    Ini kontak mereka
    Adrian +6012-903 6135 (pin BBM 7B4A5B83)
    Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin BBM D8A95F83)

    Like

  3. Ko Adrian & isterinya Meliana Panjaitan juga punya penginapan depan Mount Miriam Cancer Hospital.

    Ini kontak mereka
    Adrian +6012-903 6135 (pin BBM 7B4A5B83)
    Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin BBM D8A95F83)

    Like

  4. Hanya mau berbagi pengalaman.
    Dua bulan yang lalu saya membawa anak berobat ke Island Hospital Penang dan sebelumnya sudah mendaftar melalui Ibu Merry dari TripMedis (Nomor WhatsApp 0813-8155-5258) untuk appointment dokter dan juga jemputan dari Bandara.

    Layanannya info dan pendaftaran gratis, saya tidak membayar sepeser pun.
    Setelah tiba di RS dan membayar, harga yang saya bayar juga sesuai perkiraan yang sudah diinfo ibu Merry sebelumnya, dan saya bandingkan dengan saudara saya yang berobat tanpa pendaftaran lebih dahulu ternyata sama saja bayarnya.

    Like

  5. Halo 🙂

    Saya mau berbagi pengalaman. Saya dan keluarga konsul ke Island hospital dan Loh Guan Lye sambil jalan2 ke Gurney.

    Teman rekomendasi saya coba penginapan ko Adrian di Pulau Tikus. Saya coba. Cocok penginapannya. Bersih dan lengkap. Dekat ke hospital tersebut dan kami hanya butuh jaln kaki ke gurney.

    Like

  6. Warga Indonesia semakin banyak yang berobat sampai ke Penang, termasuk juga karena tiket pesawat ke Penang harganya tetap sama tidak ikut naik seperti harga tiket domestik.

    Semoga RS-RS di Penang terus memperbaiki pelayanannya supaya lebih banyak lagi yang bisa terbantu.

    Like

  7. Saya pernah coba penginapan sekitar Genesis ivf Penang dan rs Adventis. Dari dulu2 nemanin orang tua dan keluarga berobat. Sekarang sendiri program bt/promil.
    Kalo hotel2 ato AirBnb, harga biasanya lebih mahal daripada yang penginapan biasa. Banyak pula yang ga bisa masak.
    Bagi saya, kalo saya program ke Genesis ivf Penang ato nemanin yang butuh tindakan ke rs Adventis (maksudnya lebih lama di sana banding konsul 1-2 hari), saya rekomendasi penginapan ko Adrian dan kak Meliana Panjaitan. Penginapan mereka bersih, nyaman. Ramah. Genesis, rs Adventis, pasar Pulau Tikus, tempat makanan, minimarket semua dekat2 banget.
    Kalo ke rs Adventis 1-2 hari aja, penginapan Midlands ok.
    Teman2 saya nanya kenapa gitu. Kalo Midlands ke pasar lebih jauh, mungkin 2x banding dari penginapan ko Adrian. Tempat sekitar penginapan ko Adrian “lebih hidup”. Maksudnya lebih banyak pilihan untuk tempat makanan dan sebagainya.
    Kalo mau hubungi mereka
    ko Adrian +60129036135
    kak Meliana +60164590494
    Harap informasi saya membantu 🙂
    #penginapandekatgenesisivfpg #penginapanmurahpenang #penginapandekatadventis #hoteldekatgenesisivfpg #genesisivfpg #promil #programbt #berobatkepenang

    Like

  8. Good morning semuanya
    Saya promil ke Genesis Penang. Sudah pernah nginap di beberapa tempat. Pernah di Midlands, Pulau Tikus dan Gurney.
    Penginapan di Midlands dekat ke Genesis tapi jauh ke pasar. Ada tempat jualan makanan dan minimarket dekat Midlands tapi pilihannya dikit.
    Penginapan di Pulau Tikus bukan aja dekat ke Genesis tapi dekat ke pasar, tempat jualan makanan dan minimarket. Lebih hidup di sini.
    Yang Gurney pula dekat Genesis tapi lebih jauh ke pasar banding yang di Pulau Tikus.
    Saya dan adek sering ke pasar, apalagi adek waktu saya ET. Makanya saya nginap di Pulau Tikus. Yang punya penginapan ko Adrian (+60129036135) dan kak Meliana Panjaitan (+60164590494). Nyaman. Bersih. Lengkap.
    Oh ya … ramah mereka … 🙂

    Like

  9. Aku program ke Genesis ivf Penang.
    Kalau penginapan, saya ke tempat ko Adrian (+60129036135) dan kak Meliana (+6016459494).
    Bisa jalan ke klinik. Pasar, swalayan dan tempat2 butuh semua jalan kaki aja. Facilitas lengkap. Bersih.
    Harap informasi ini membantu pejuang garis dua yang lain.

    Like

Leave a comment